Jenis Jenis Leukemia Akut

Leukemia atau kanker darah putih merupakan salah satu jenis kanker yang ada di dunia dan sangat berbahaya. Leukemia timbul akibat produksi sel darah putih berlebih yang dari sumsum tulang.

Sumsum tulang kita memproduksi tiga tipe sel darah yakni sel darah putih yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh untuk melawan infeksi, sedangkan sel darah merah berfungsi sebagai pembawa okskigen ke dalam tubuh dan tipa sel darah merah terakhir yang diproduksi sumsum tulang adalah platelet merupakan bagian kecil sel darah yang membantu pembekuan darah.

Jika sel darah putih yang abnormal ini sudah masuk ke dalam darah perifer dapat mengganggu fungsi normal sel dalam tubuh lainnya. Sehingga seseorang yang berada dalam kondisi leukemia ini akan menunjukkan beberapa keluhan dan ggejala seperti mudah terkena infeksi, anemia atau kekurangan sel darah merah bahkan terkadang sering terjadi perdarahan.

Leukemia dibedakan berdasarkan jenis sel

Penyakit leukemia ini memiliki banyak jenis dilihat dari segi jenis sel yang menyerang tubuh. Leukemia umumnya hanya mempengaruhi sel limfosit dan mieloid. Leukemia yang mempengaruhi limfosit disebut dengan leukemia limfositik dan leukemia yang menyerang sel mieoloid disebut dengan leukemia mielositik.

Leukemia linfositik dan Mieloid dapat dikelompokkan berdasarkan tingkatan penyakitnya, diantaranya adalah :

a. Leukemia limfositik akut (LLA). Leukemia ini merupakan leukemia yang sering diderita oleh anak-anak. Namun sekarang jenis leukemia ini tidak hanya berisiko terhadap anak-anak, orang dewasa pun dapat terjangkit leukemia jenis ini. Jika pada orang dewasa menyerang di usia 65 tahun.

b. Leukemia Mielositik Akut (LMA). Leukemia jenis ini lebih sering ditemukan pada orang dewasa dibanding dengan anak-anak (kebalikan dari leukemia limfositik akut).

c. Leukemia Limfositik Kronis (LLK). Leukemia jenis ini, lebih sering menyerang orang dewasa terutama di usia 55 tahun keatas. Seseorang yang di usia 55 tahun hingga seterusnya memiliki risiko terhadap leukemia limfositik akut dan leukemia limfositik kronis.

d. Leukemia Mioelisitik Kronis (LMK). Leukemia ini sering menyerang orang dewasa, dan angka kejadian pada anak-anak lebih jarang dan sedikit terjadi.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri Ciri Kanker Darah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *